Makna Kehidupan

Ini post pertama gue di sini, lama banget blog ini gue anggurin. Sejak gue lagi ngefans-ngefans nya sama Jang Geun Suk, sampai sekarang gue demen banget sama Running Man.

Pati, kota kelahiran gue.
Pati, kota kelahiran gue.

Pertama-tama, kenalin nama gue Alfina Widiseptia Artamevia. Sekarang gue kelas 11 di SMA N 1 Pati. Pasti kalian pada nggak tau mana itu Pati. Pati, kota kecil disebelah timur Kota Kudus, nah Kudus itu sebelah timurnya Kota Demak. Kalau lo nggak tau Kudus atau Demak, berarti lo nggak pernah belajar sejarah.

Oke, gitu aja kenalan kenalannya. Gue sekarang mau bahas soal kehidupan. Ceileh, emang apa yang gue tau soal kehidupan. Sok-sok an mau bahas kehidupan segala. Ehem, jadi gini, kemarin gue nonton dua film, dan semuanya ternyata membahas mengenai pilihan-pilihan dalam hidup. Nama filmnya Divergent sama Timeline . Yang satu film Amerika satunya film Thailand. Dan kedua film itu bikin gue merenung dan bikin otak gue kerja berat mikirin hidup gue. Jujur, gue orang yang suka banget tantangan. Menurut gue, orang yang kerja di kantor, berangkat pagi-pulang sore itu bukan gue banget. Setidaknya, gini nih yang gue pikirin…

Apakah terpikirkan pula oleh kalian hal yang sering kali aku pikirkan?

Jika disaat dilingkupi oleh kesunyian dan engkau mencoba merenungi masa lalu, tentang hal-hal yang telah engkau lewati, orang-orang yang ada dan pernah ada bersamamu dalam mengisi warna kehidupanmu, tentang kisah pahit manis kehidupan yang dulu telah engkau berhasil lewati meskipun disertai dengan keluhan dan keputus asaan…

Dan mencoba memikirkan apa yang akan datang menyapa keesokan harinya, tentang apa engkau, siapa engkau, seberapa berguna engkau bagi orang lain, seberapa besar engkau dicintai orang lain dengan tulus…

Sering kali hal itu menyakitkan, penyesalan yang datang dan sebagainya sehingga membuat kita lelah untuk terus menjalani semua ini…

Hari ini aku menemukan sesuatu yang penting, mungkin sebelumnya aku pernah merenungi tentang semua ini, namun terkadang aku terlupa akan hal tersebut…

Sesuatu tentang kehidupan.. arti kehidupan..

Banyak yang berkata, entah siapa yang menyatakannya pertama kali bahwa hidup itu pilihan.. memang benar, setiap yang kita lalui dalam kehidupan kita ini adalah pilihan kita, disaat kita memilih pasti ada yang lain yang tidak menjadi pilihan kita.. sadarkah kalian bahwa pilihan-pilihan yang setiap hari kita lakukan itu membawa dampak yang besar kemudian? Memilih memang sulit, karena harus ada yang kita lepaskan dari pilihan kita, merelakan kehilangan sesuatu yang tidak kita pilih, itu adalah hal yang membuat memilih itu menyakitkan, dan penyesalan membuat kita menyadari betapa payahnya kita dalam membuat pilihan… jadi, jika penyesalan itu muncul, apakah sebuah pilihan yang kita putuskan itu keliru? Kita manusia, makhluk paling sempurna ciptaan Allah, karena dikaruniai dengan akal pikiran… namun, diantara manusia itu sendiri tidak ada yang sempurna, semuanya memiliki celah kecil yang disebut kelemahan, yang seharusnya dapat digunakan untuk penyemangat dalam menjalani kehidupan ini.

Apakah kalian merasa posisi kalian sulit dan ingin bebas dalam menjalani hidup ini? Ingin menunjukkan diri kita kepada dunia namun bingung dan terkadang cara yang digunakan itu keliru. Apakah kalian merasa lebih mudah menemukan kelemahan kalian dibandingkan dengan menggali potensi terbesar yang kalian miliki? Jika iya, berarti kita sama. Bersyukurlah kalian yang telah menemukan apa impian kalian. Menemukan apa tujuan hidup kalian, apa yang ingin kalian raih, kalian miliki, kalian dapatkan. Impian menjadikan kita dalam menjalani kehidupan ini menjadi lebih terarah, seseorang yang ingin mengembangkan department store yang terkenal tentunya akan memulai langkah awal dengan mempelajari tentang ekonomi, atau mungkin politik dalam persaingan sehat antar department store. Wah, bahagia sekali jika kalian sudah memiliki impian akan di bawa kemana kesempatan hidup yang singkat ini.

Hidup itu singkat, banyak hal yang terjadi, sesuatu yang tanpa kita sadari terlewat begitu saja, kesempatan besar yang berlalu begitu saja, tanpa bisa kita putar waktu kembali untuk mendapatkannya. Bisa dikatakan semua yang ada di dunia ini terbatas, tersusun rapi, bersekat-sekat, penuh aturan..

Begitulah kehidupan, sesuatu yang semakin membuat pening bila dipirkan maupun disesali saja. Merenung itu perlu, introspeksi diri sangat dibutuhkan, namun jangan terlalu bersedih membayangkan angan-angan yang terlewatkan. Hadapi saja apa yang datang, berlatihlah, yakinilah, dan pilihlah sesuatu yang memang benar-benar engkau inginkan dalam hidupmu tentunya dengan masih memperhatikan apakah itu merugikan orang lain atau tidak, karena kemungkinan yang bagus tidak pasti datang di lain waktu dan orang lain juga memiliki kesempatan yang sama seperti kita.. Karena kita hanyalah MANUSIA.

 

 

 

 

 

 

Pati, 5/11/2014

Alf.

One thought on “Makna Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s