‘Warna’ dari Lahir

halaman guna guna

Untitled-1Apakah bener ada orang yang dilahirkan berbakat, dan ada yang nggak ??.. Kalo bener begitu, adilkah Tuhan ??.. Kalo gw pikir memang ada hal2 yang diturunkan dari orang tua kita, tapi sepertinya bukan bakat.. Tapi hal lain yang sifatnya bukan faktor penting untuk menggapai kesuksesan.. Seperti wajah (hmm, ini penentu kesuksesan nggak ya ??.. hihi.. Ah, tukul pun bisa sukses tuh..), atau karakter “kesukuan” ortu (gw orang madura, karakter turunan itu emang gw rasain ada di diri gw..), dan lain sejenisnya.. hehe..

“Katakanlah: Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing…”(QS 17:84).. Buya Hamka menjelaskan, kata “syaakilah” di ayat tersebut bisa diartikan bakat atau bawa’an.. Tiap2 orang “bawa’annya” berbeda2, dan anjuran untuk bekerja menurut “bawaan” menjadi hal yang amat patut dipertimbangkan.. Tapi apa sebetulnya “bawaan” yang dimaksud di itu ??

Sotoy2nya gw sih ya, kalo itu adalah “bakat” jadinya kok malah berasa “sempit”.. Jadi buat gw “bawa’an” disitu adalah mesin…

View original post 338 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s